Kamis, 21 Oktober 2021

Survei: Pemesanan perjalanan domestik berlipat ganda



OYO ID vaccinaid 6 - SatuPos.com

Jakarta (Satupos) – Data Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata (Asita) menunjukkan pemesanan perjalanan dari wisatawan domestik kini mencapai sekitar 40 persen dari kondisi normal, atau meningkat hingga dua kali lipat dari kondisi sebelum kebijakan pelonggaran.

Penyedia layanan keramahan OYO melalui keterangannya, Kamis, menilai kenaikan ini merupakan salah satu dampak dari berbagai stimulus dan kebijakan yang dilakukan pemerintah, seiring dengan peningkatan angka vaksinasi dan kebiasaan masyarakat menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Tingkatkan Keamanan Pelanggan, OYO Indonesia Luncurkan VaccinAid

“Kami juga melihat arus wisatawan lokal yang berangsur-angsur mulai kembali, serta membawa perubahan perilaku yang membuat industri harus terus beradaptasi,” kata Country Head OYO Hotels and Homes Indonesia, Agus Hartono Wijaya.

Agus mengatakan pihaknya juga terus berupaya mendukung percepatan transformasi digital industri pariwisata di Indonesia melalui berbagai inovasi dan teknologi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

“Sebagai perusahaan keramahan teknologi yang menyediakan platform dua arah untuk pelindung dan konsumen, kami optimis dan siap mendukung transformasi digital industri pariwisata di Indonesia dalam momentum kembalinya kegiatan pariwisata di Indonesia,” ujarnya.

Pilihan
Selain itu, ada sejumlah perubahan preferensi masyarakat dalam bepergian selama dan setelah pandemi COVID-19.

Pertama adalah preferensi perjalanan domestik, dimana destinasi wisata di daerah terpencil dan tidak banyak keramaian menjadi preferensi baru wisatawan, karena dinilai lebih mampu memberikan faktor keamanan dan kenyamanan dalam berwisata di tengah pandemi.

Selanjutnya adalah liburan di hotel di hotel budget dengan gaya yang unik.

“Hotel-hotel butik “Dengan kapasitas yang lebih kecil ini akan lebih diminati karena dapat memberikan rasa aman dan nyaman saat berlibur pasca COVID-19 karena pelanggan dapat menghindari keramaian untuk menjaga jarak sosial dan kebersihan selama menginap,” jelas Agus.

Selain itu, OYO juga melihat tiga faktor utama yang menjadi kunci momentum pemulihan sektor pariwisata. Yang pertama adalah semakin krusialnya peran teknologi, mengingat masyarakat kini semakin nyaman dengan pilihan tanpa kontak fisik (tanpa kontak) untuk melakukan pemesanan.

Lebih lanjut, Agus menilai pelaku industri pariwisata dan perhotelan perlu dipersiapkan untuk berkolaborasi menjadi ekosistem yang lebih kuat dan tangguh pascapandemi.

Terakhir, adalah pentingnya pariwisata ramah lingkungan yang berkelanjutan setelah pandemi.

“Selama pandemi, kita bisa melihat lingkungan pulih dari pencemaran akibat aktivitas manusia, baik itu air sungai yang jernih maupun langit yang lebih cerah,” kata Agus.

“Efek samping positif ini dapat meninggalkan kesan yang cukup positif bagi masyarakat di seluruh dunia. Hal ini menunjukkan pentingnya solusi dan inovasi berkelanjutan yang ramah lingkungan bagi semua industri, termasuk pariwisata,” tambahnya.

Baca juga: OYO optimis industri perhotelan akan membaik setelah vaksinasi

Baca juga: Jaringan hotel online siapkan lonjakan “staycation” jelang Idul Fitri

Baca juga: OYO raih pendanaan pinjaman berjangka US$660 juta

Wartawan: Arnidhya Nur Zhafira
Redaktur: Ida Nurcahyani
HAK CIPTA © Satupos 2021



Terimakasih sudah membaca artikel Survei: Pemesanan perjalanan domestik berlipat ganda

dari SatuPos.com



source https://www.satupos.com/wisata/survei-pemesanan-perjalanan-domestik-berlipat-ganda/

0 komentar:

Posting Komentar

Dilarang Spam Ya

 

Statistic

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Google Find us on Google+

Pengikut

Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India