Sabtu, 23 Oktober 2021

TTMIK Level 8 Pelajaran 17 – Kalau saja tidak … / -만 : Berita K-Pop


Dalam pelajaran ini, kita akan mempelajari struktur tata bahasa Korea -만 , yang berarti “jika saja kamu tidak” atau “jika saja kamu tidak”. Struktur ini digunakan dalam situasi ketika Anda berbicara tentang sesuatu yang ingin Anda lakukan, tetapi Anda tidak dapat melakukannya karena alasan tertentu. Misalnya, Anda dapat menggunakan -만 dalam kalimat seperti “Jika Anda bukan saudara laki-laki saya, saya tidak akan bergaul dengan Anda” atau “Saya pasti akan bertemu Anda untuk minum kopi, tetapi saya harus bekerja”.

Struktur 1 – Kata Benda(KB) + Jika tidak – akan menjadi + Kata Kerja(KK) + -()

= jika tidak + KB, saya akan + KK
= jika bukan karena + KB, saya akan menjadi + KK
= kalau saja saya tidak punya + KB, saya akan + KK

Struktur gramatikal ini digunakan ketika Anda ingin mengatakan bahwa Anda ingin melakukan sesuatu tetapi hanya jika A bukan B.

Contoh:
Jika bukan karena hari Senin, saya akan pergi ke sana. = andai saja hari ini bukan Senin, saya akan pergi ke sana.
* Kalimat ini pada dasarnya mengatakan “Saya tidak bisa pergi ke sana karena hari ini adalah hari Senin”. Namun, menggunakan -만 , menunjukkan bahwa Anda benar-benar menyesal.

Jika bukan karena pekerjaan rumah saya, saya akan pergi sekarang. = andai saja saya tidak punya PR, saya akan pergi sekrang.

Struktur 2 – Kalau bukan karena KB + – pasti + KK + –

= jika bukan + KB, saya akan memiliki + KK
= jika bukan karena + KB, saya akan memiliki + KK
= kalau saja saya tidak punya + KB, saya akan punya + KK

Contoh:
Jika bukan karena seorang teman, saya akan menelepon polisi. = Jika saja dia bukan teman saya, saya pasti sudah melaporkannya ke Polisi.

Jika bukan karena ulang tahun temanku hari ini, aku akan berada di rumah saja. = Jika saja hari ini adalah hari ultah teman saya, saya pasti sudah diam saja di rumah.
* Dalam situasi seperti ini, Anda sebenarnya tidak ingin pergi, tetapi karena ini adalah hari ulang tahun teman Anda, Anda merasa harus pergi.

Struktur 3 – Kecuali KB + -…

= jika saja tidak + [KB] …
= jika bukan karena + [KB] …
= kalau saja aku tidak punya + [KB] …
Ketika apa yang harus Anda lakukan sudah pasti dan mudah ditebak oleh pendengar, Anda tinggal menghapus sisa kalimatnya.

Contoh:
Kecuali bosmu… = andai saja dia bukan bos saya… ..

Contoh kalimat

Kecuali orang itu adalah teman atau saudara saya… = andai saja dia tidak ada hubungan dengan teman saya …

Kecuali ini… = andai saja ini tidak ada… .

. = jika bukan karena kebisingan konstruksi, saya akan tidur nyenyak.

Jika bukan karena rumah teman di sini, aku akan tidur sekarang. = andai saja saya tidak berada di rumah teman, saya pasti sudah tidur.

Jika bukan karena wali kelas kami, saya akan bertanya. = andai saja dia bukan wali kelas saya, saya pasti sudah memulai sebuah argumen.



Terimakasih sudah membaca artikel TTMIK Level 8 Pelajaran 17 – Kalau saja tidak … / -만

dari SatuPos.com



source https://www.satupos.com/korea/ttmik-level-8-pelajaran-17-kalau-saja-tidak-%eb%a7%8c-berita-k-pop-2/

0 komentar:

Posting Komentar

Dilarang Spam Ya

 

Statistic

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Google Find us on Google+

Pengikut

Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India