Selasa, 22 November 2011

Tips Penyelesaian Tugas Akhir Dan Skripsi

Tips Penyelesaian Tugas Akhir Dan Skripsi - Assalamu Alaikum. Halo teman-teman, ketemu lagi dengan Hasby , kali ini hasby  akan berbagi pengalaman berdasarkan yang Salah Satu Keluarga MasHasby lalui selama proses penyelesaian Tugas Akhir, Nah disini Hasby akan berikan Tips Penyelesaian Tugas Akhir Dan Skripsi ala MasHasby, sehingga Tugas Akhir bisa terselesaikan dengan cepat, mudah dan tepat.

Oke Hasby mulai saja Tips Penyelesaian Tugas Akhir Dan Skripsi :

  1. Mencari Judul Tugas Akhir atau Skripsi, hendaknya mencari judul yang berbobot, dan usahakan belum pernah ada sebelumnya di Fakultas anda, sehingga kemungkinan Judul untuk ditolak sangat minim. Judul harus benar-benar anda kuasai , karena nantinya akan bahas secara lebih mendalam pada isi Tugas Akhir atau Skripsi.
  2. Bila sudah menemukan Judul Tugas Akhir atau Skripsi yang tepat, segera ajukan Judul tersebut ke Dosen penyeleksi Judul di Fakultas anda, pastikan judul yang diajukan benar-benar diterima oleh Dosen Penyeleksi, dimana akan banyak sekali tanda tangan yang dibutuhkan oleh judul ini agar kita bisa melangkah ke tahap Pembuatan Proposal Tugas Akhir atau Skripsi. Agar usaha anda mencari tanda tangan tidak sia-sia alias putus di tengah jalan, dengan ditolaknya Judul oleh salah satu dosen penyeleksi, pastikan judul yang diajukan, disetujui dulu oleh semua dosen penyeleksi.
  3. Setelah Judul Tugas Akhir atau Skripsi sudah di ACC oleh dosen penyeleksi, maka segera buat Proposal Tugas Akhir atau Skripsi anda. 
  4. Selang 2- 3 hari segera asistensi Proposal Tugas Akhir atau Sripsi , ke Dosen Pembimbing yang telah ditunjuk sebelumnya saat Judul di-ACC.
  5. Perbaiki secepatnya, Proposal Tugas Akhir atau Sripsi yang mendapat koreksi dari Dosen Pembimbing, selang 1 - 2 hari, lakukan asistensi lagi, pengalaman Hasby, koreksi Proposal Tugas Akhir atau Sripsi, sampai 3x , sesudah itu Proposal Tugas Akhir atau Sripsi langsung di-ACC oleh Dosen Pembimbing.
  6. Setelah Proposal di-ACC, segera melapor ke Jurusan untuk segera melakukan Seminar Proposal Tugas Akhir atau Sripsi , minta jadwal, cetak undangan, dan bayar biaya konsumsi Dosen. Kelarkan semuanya, hingga anda tahu kapan Seminar Proposal Tugas Akhir atau Sripsi , akan dilaksanakan.
  7. Buatkan Powerpoint Proposal Tugas Akhir atau Sripsi tadi sebagus dan seindah mungkin karena ini akan menjadi penilain khusus, dimana nantinya akan digunakan dalam Seminar Tugas Akhir atau Skripsi. (biasanya tidak ada arahan dari dosen untuk pembuatan powerpoint, inisiatif sendiri). Dan jangan lupa pelajari isi dari proposal sebagai persiapan untuk seminar nantinya.
  8. Laksanakan Seminar Proposal Tugas Akhir atau Sripsi , catat koreksi yang diberikan oleh Dosen Penguji, lakukan perbaikan pada Proposal Tugas Akhir atau Sripsi.
  9. Selang 2 - 3 hari, segera lakukan asistensi ke Dosen Penguji, jangan lupa bawa lembar pengesahan Proposal Tugas Akhir atau Sripsi (Lembar pengesahan disiapkan pihak kampus), untuk ditanda tangani oleh Dosen Penguji, pengalaman hasby, asisten Proposal Tugas Akhir atau Sripsi , hanya satu kali dan langsung di-ACC, dan ditandatangi langsung.
  10. Lanjutkan pencarian tanda tangan pengesahan Proposal Tugas Akhir atau Sripsi, dimana ini dipelukan untuk melaksanakan Seminar hasil.
  11. Setelah lembar pengesahan sudah beres, segera kumpulkan Proposal Tugas Akhir atau Sripsi yang lengkap, jilid antero dan kumpul ke Fakultas, untuk mendapatkan Surat Ijin Penelitian, dimana Surat ini digunakan untuk kita melangkah ke pembuatan Hasil Tugas Akhir atau Sripsi.
  12. Jika Surat Ijin Penelitian Tugas Akhir atau Sripsi sudah keluar , segera lanjutkan penulisan Tugas Akhir atau Sripsi ke bagian ISI (hasil), yaitu Bab 4 Implementasi Hasil dan Bab 5 Penutup, kerja dengan teliti, perhatikan format penulisan. 
  13. Kalau Bab Hasil sudah selesai, segera lakukan asistensi lagi ke Dosen Penguji, lakukan perbaikan terhadap koreksi, asistensi hasil maksimal 5 kali , jadi anda harus cukup bersabar, dan usahakan selang waktu asistensi 2 - 3 hari, nah untuk ke 5 kali , pasti sudah langsung di-ACC.
  14. Apabila Hasil Tugas Akhir atau Sripsi , sudah di-ACC, segera kumpul lagi ke jurusan untuk mendapatkan jadwal Seminar Hasil Tugas Akhir atau Sripsi , sekalian minta cetak undangan, dan bayar biaya konsumsi, jadi kerja hanya sekali saja.
  15. Buatkan lagi powerpoint Hasil Tugas Akhir atau Sripsi, untuk dipakai dalam Seminar Hasil Tugas Akhir atau Sripsi , nantinya, pelajari dengan baik, untuk persiapan menghadapi pertanyaan-pertanyan Dosen Penguji.
  16. Laksanakan Seminar Hasil Tugas Akhir atau Sripsi , catat koreksi Dosen Penguji, lakukan perbaikan, dan lakukan asistensi ke Dosen Penguji, asistensi hanya sekali dan langsung di-ACC, jadi jika ingin Asistensi, silahkan bawa sekalian Lembar Pengesahan Hasil Tugas Akhir atau Sripsi , yang nantinya akan dipakai untuk Ujian Meja Tugas Akhir atau Sripsi.
  17. Apabila Hasil Tugas Akhir atau Sripsi sudah di-ACC, dan semua tanda tangan pada Lembar Pengesahan Hasil Tugas Akhir atau Sripsi dan dilengkapi dengan lampiran-lampiran, segera setor Hasil Tugas Akhir atau Sripsi ke jurusan untuk mendapatkan Jadwal untuk Ujian Meja/Ujian Tertutup Tugas Akhir atau Sripsi, langsung minta dicetakkan undangan, bayar biaya konsumsi.
  18. Lengkapi data-data seperti Surat Kelakuan Baik, Kartu Bebas Perpustakaan, Daftar Riwayat Hidup, dan lain-lain yang berhubungan dengan proses pelepasan diri anda di Universitas tersebut.
  19. Persiapan Ujian Meja Tugas Akhir atau Sripsi, buatkan lagi powerpoint hasil Tugas Akhir atau Sripsi tadi, pelajari, untuk persiapan Ujian Meja nantinya.
  20. Pelaksanaan Ujian Meja, Ujian Meja merupakan Ujian Yang temudah dari semua langkah sebelumnya, dimana , disini akan hadir Dekan atau Pembantu Dekan Fakultas.
  21. Pelaksanaan Yudisium, biasanya langsung dilakukan bersamaan dengan Ujian Meja, dimana Yudisium dilakukan oleh Dekan atau Pembantu Dekan Fakultas.
  22. Wisuda, cari tahu pelaksanaan Wisuda di bagian BAAK, dan persyaratan-persyaratannya
  23. Pelaksanaan Wisuda, dan selamat anda sudah mencapai Gelar D3 atau S1 anda
  24. Pengambilan Ijazah beserta Fotocopynya, dimana ini akan digunakan untuk kebutuhan melamar pekerjaan.


Itulah Tips Penyelesaian Tugas Akhir Dan Skripsi , mungkin jalur-jalur berbeda disetiap Universitas, setidaknya ada bayangan buat anda, langkah-langkah apa yang harus ditempuh dalam Proses Penyelesaian Tugas Akhir Dan Skripsi. Mudah-mudahan bermanfaat. Wassalam.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mantaf mas infonya :D

Posting Komentar

Dilarang Spam Ya

 

Statistic

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Google Find us on Google+

Pengikut

Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India