Kamis, 11 Oktober 2012

Fenomena Gangnam Style

Fenomena Gangnam Style - Kini, siapa yang tak kenal Gangnam Style? Tarian berupa gerakan menunggangi kuda ini sedang mendunia. Gerakan itu juga secara instan, meroketkan nama Psy, penyanyi pencetusnya, yang sebenarnya memiliki nama asli Park Jae-sang. Ia adalah penyanyi Korea Selatan besutan YG Entertainment, sebuah label musik sekaligus manajemen artis terkenal.

Karena kocak, video musik Gangnam Style telah dilihat lebih dari 270 juta orang di YouTube sampai tanggal 25 September 2012, sejak diunggah dua bulan lalu, dan membuatnya menjadi YouTube's most watched K-Pop video, karena diunduh lebih dari 2 juta kali (untuk Korsel saja).

Gangnam Style, merupakan bahasa sehari-hari Korea yang mengacu pada gaya hidup mewah orang-orang di daerah Gangnam. Itu sebuah area yang dikenal sebagai wilayah paling makmur di Korsel, bahkan dalam sebuah interview dengan CNN, Psy menyebut lokasi itu mirip Beverly Hills, di California, AS. "Saya mendeskripsikan Gangnam sebagai daerah yang normal di siang hari, tapi saat malam tampak gila," ujar Psy.

Jangan terburu-buru menilai Psy sebagai penyanyi karbitan yang meledak tiba-tiba. Apa yang ia raih sekarang, bukan tanpa perjuangan dan kerja keras, bukan juga popularitas yang ditempuh dalam waktu singkat.

Ia menekuni karier nyanyi kurang lebih 11 tahun, dengan debut album berjudul PSY from the PSYcho World! dirilis 2001. Sedangkan Gangnam Style ada di album keenam, berjudul PSY's Best 6th Part 1. Pada 2010 Psy lalu bergabung dengan YG Entertainment, dan tak bisa dipungkiri YG membawa andil besar mendongkrak namanya.

Video klip Gangnam Style kental dengan adegan humor. Musiknya sendiri dibuat Psy dan Yoo Gun-hyung, sementara lirik dan koreografi diciptakan Psy sendiri. Untuk artis K-Pop, sebenarnya bukan hal wajar ada penyanyi menulis lagu serta mengkreasikan koreografinya sendiri. Dan Psy telah membuktikan ia punya bakat luar biasa, sebagai penyanyi, penulis lagu, penari, bahkan produser.

Bisa jadi, daya tarik video klip ini tak lepas dari para pendukungnya. Seperti Hwang Min-woo (bocah 5 tahun yang ditemukan Korea's Got Talent), Daesung and Seungri, personil boyband Bigbang, Hyuna personil 4minute, komedian Yoo Jae-Suk dan No Hongchul.

Psy telah menjadi fenomena, dan ia percaya bahwa kekurangan bukan harus diubah, tapi justru dikreasikan agar menjadi sesuatu yang unik. Maka, jika biasanya Anda melihat penyanyi Korea cantik dan tampan, maka Anda akan melihat sesuatu yang beda dengan Psy.

Psy dengan Gangnam Style-nya, bahkan telah ditulis media internasional seperti Huffington Post, The Wall Street Journal, Financial Times, CNN International, The Los Angeles Time, dan masih banyak lagi. Hal inilah yang kemudian memicu efek bola salju, yang kian menggelinding, termasuk ke Indonesia.

Salah satunya terjadi saat car free day, Minggu (9/9) ketika ada beberapa anak muda memulai tari flashmob Gangnam Style di Bundaran HI. Karena gerakan tarinya unik, ditambah lagu Psy yang mulai diperdengarkan, akhirnya mereka sukses mengajak ratusan orang bergoyang ala Psy.

Mendunia

Kata-kata khas, seperti "Oppan Gangnam Style" bahkan terdengar di konser Maroon 5, saat band ini tampil di Jamsil Sport Stadium, Seoul, Korea Selatan pada 15 September lalu. Mereka bahkan menyelipkannya di bagian intro lagu Moves Like Jagger.

Selain Maroon 5, ada juga Nelly Furtado, yang lebih dulu menyanyikan lagu dan meniru gerakan Gangnam Style, saat menggelar konsernya di Smart Araneta Coliseum, Manila, Filipina, bulan lalu. Tarian kocak ini lalu juga muncul di ajang MTV Video Music Awards 2012 di awal bulan ini, ketika Psy menarikannya kemudian diikuti Kevin Hart.

Bahkan Britney Spears, pernah mencoba melakukan tarian itu saat tampil di acara The Ellen Degeneres Show. Psy yang hadir di acara tersebut mengajari gerakan Gangnam kepada Britney dan Ellen, bahkan kabarnya penampilan Psy yang hanya beberapa menit itu, telah menaikkan rating acara tersebut secara signifikan. Selain itu, ada beberapa selebritas papan atas yang membagi klip video Gangnam melalui Internet, mereka adalah Katy Perry, Tom Cruise, dan Robbie Williams.

Lagu Gangnam Style juga menduduki posisi atas iTunes Charts di 31 negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada. Pada 17 September 2012, Gangnam Style dinominasikan untuk Best Video di MTV Europe Music Awards 2012 di Frankfurt, Jerman, yang akan berlangsung November mendatang. Pada 20 September, Gangnam Style tercatat dalam Guinness World Records sebagai Most 'Liked' Video in YouTube History.

John Jurgensen, wartawan Wall Street Journal mengatakan, hal ini membuktikan bahwa media cetak dan elektronik tradisional, sangat memantau apa yang menjadi hit di Internet. "Melihat sebuah lagu Korea menjadi sesuatu yang fenomenal di Amerika, sungguh menunjukkan kekuatan luar biasa dari media dan video online," ujarnya, dikutip dari Theweek.co.uk.

Di akhir Agustus, majalah Billboard melaporkan Psy telah menyingkirkan Taylor Swift dan mengambil posisi nomor satu selama tiga minggu dalam Billboard Social 50. Sebuah prestasi, yang sejauh ini hanya bisa dicapai Justin Bieber, Lady Gaga, Adele, dan Rihanna. arm/R-1

Komentar Pengamat Musik
Bens Leo
"Calon Presiden AS Harus Ikut Menari"

Tanggal 12 September 2012, Times Square diisi kegiatan flash mob orang-orang yang keranjingan Gangnam Style. Hal yang sama juga terjadi di depan Obelisco de Buenos Aires National Monument, Argentina. Yang pasti, demam Gangnam telah mendunia dan membuat semua orang ingin meniru. Lalu bagaimana pendapat pengamat musik lokal, Bens Leo tentang fenomena ini?

"Sebetulnya, ini menandai begitu kuatnya pengaruh budaya Korea di dunia. Hal ini bukan hanya di Indonesia, bahkan sampai ke Amerika dia mewabah. Sekadar informasi saja, bahwa penggemarnya Psy di Amerika sudah 47 persen. Jadi kalau calon Presiden Amerika ingin menang, dia harus ikut menirukan goyangan Gangnam, dan itu akan jadi hal yang wajar," kata Bens, beberapa hari lalu.

Musik yang enak di telinga dikombinasi tarian kocak yang mudah ditiru adalah formula yang tepat untuk menjual sebuah lagu. Dan karena ditunjang media sosial, gelombang ini kian menggema. Ini membuktikan peran media sosial sangat besar.

"Dalam jangka waktu 32 hari, yang mengunduh video klip Psy, 131 juta orang. Ini lebih cepat dari ketenaran Michael Jackson. Coba dibayangkan, hanya dalam 32 hari, dia dikenal seluruh dunia! Ini langka banget, meski hal yang sama pernah terjadi pada Justin Biber pada 2010," tambah mantan wartawan musik ini.

Di Indonesia, sebetulnya sudah banyak penyanyi yang coba tampil dengan goyangan lucu dan aneh, namun kenapa kemudian, kelasnya hanya berhenti di tingkat lokal, tidak bisa mendunia layaknya tarian milik Psy? "Sebetulnya begini, ini masalah koreografi, orang tidak lagi berpikir tentang kualitas, yang penting dia bisa tampil cathcy. Kalau sampai Britney Spers ingin melakukannya, berarti lagu itu memang punya kekuatan," katanya.

Bens memprediksi, dalam beberapa tahun ke depan, Psy akan masih bisa bertahan di industri musik, karena kualitasnya memang bagus. Ditambah lagi saat ini ia sudah diundang Scooter, produser Justin Biber untuk bertandang ke AS. "Dari pengalaman Scooter membidani Justin, pastinya dia bisa membuat Psy menjadi lebih besar. Dan jangan lupa, produser Psy yang sekarang di Korea Selatan, juga orang besar. Kalau mereka berkolaborasi, kebayang nggak hasilnya nanti? Dari info terakhir yang saya dapat, Psy sudah ditawari untuk rekaman secara internasional." smn/R-1
Reaksi:

1 komentar:

taruhan bola mengatakan...

info yg bagus gan

Posting Komentar

Dilarang Spam Ya

 

Statistic

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Google Find us on Google+

Pengikut

Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India